asiamaya.com - optimized for cell phone and PC browsing

HOME

WARISAN MENURUT HUKUM ADAT BATAK


Pertanyaan :

Bagaimana halnya dengan hukum adat batak, apakah benar bahwa anak laki sebagai ahli waris mempunyai hak lebih besar dari anak perempuan. Apabila sebagai ahli waris perempuan merasa dirugikan apakah dimungkinkan untuk memakai hukum waris barat ? Mohon penjelasan atas hal tersebut.

Hormat kami,

Christina Tobing


Jawaban :


Dalam hukum adat batak, hak waris anak laki-laki memang lebih besar dibandingkan anak perempuan. Hanya saja ketentuan seberapa besar bagian dari masing-masing (anak laki-laki dan perempuan) tidak disebutkan secara jelas.

Sedangkan dalam KUHPerdata sendiri tidak dibedakan antara laki-laki dan perempuan dan antara suami - isteri, semua berhak mewarisi dan memperoleh bagian yang sama. Tiap ahli waris berhak menuntut bagian warisan yang menjadi haknya.

Tentang keinginan anda untuk menuntut hak yang sama karena merasa dirugikan, anda dapat saja mengajukan hal ini ke Pengadilan Negeri sehingga Hakim nantinya akan membantu membagi warisan yang ada.

Walaupun dalam ketentuan KUHPerdata disebutkan adanya bagian yang sama antara laki-laki dan perempuan, dalam hal ini belum tentu Hakim akan membagi rata warisan tersebut. Hakim tetap melihat pertimbangan-pertimbangan yang ada termasuk hukum adatnya. Hakim akan memutuskan berdasarkan kepatutan dan kemanusiaan. Jadi tidak hanya mengacu pada KUHPerdata saja.

Saya sarankan sebaiknya anda mencoba dahulu membicarakan hal ini secara baik-baik dengan keluarga siapa tahu akan mendapatkan jalan keluar pemecahan masalah ini. Kalau memang tidak menemukan pemecahannya, anda dapat mengajukan hal ini ke Pengadilan.


***

This region is composed of a series of parallel mountain ranges with an average elevation of 1,200m (3,900ft) above sea level, incised by steep valleys of the Ping, Wang, Yom, and Nan rivers.

This page: http://www.asiamaya.com/konsultasi_hukum/warisan/warisan_adat.htm
Copyright © Dan Kardarron
333 Srinakarin Roads
Nongbonsa
Bangkok, 10250
Thailand