asiamaya.com - optimized for cell phone and PC browsing

HOME

PENAHANAN IJAZAH ASLI OLEH PERUSAHAAN


Pertanyaan :

1. Apakah sebuah Perusahaan mempunyai hak untuk meminta & menahan IJAZAH ASLI para Karyawan agar para Karyawan tetap/terikat bekerja di Perusahaan tersebut ?

2. Kalau YA kenapa dan sebaliknya kalau TIDAK kenapa ? adakah undang-undangnya dan tolong dijelaskan undang-undang tersebut.

 

Terima kasih,

Zeky A

 

Jawaban :


Hubungan kerja adalah suatu hubungan antara Pengusaha dengan Pekerja yang timbul dari perjanjian kerja yang diadakan untuk waktu tertentu maupun waktu yang tidak tertentu.

Sehingga jika ada keterikatan antara perusahaan dengan pekerja maka disitu terdapat adanya perjanjian kerja yang mengakibatkan adanya hubungan kerja.

Agar Perjanjian Kerja yang diadakan menjadi sah harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan dalam pasal 1320 KUHPerdata sebagai berikut:

a. Adanya kesepakatan antara kedua belah pihak yang mengadakan perjanjian itu (antara buruh/tenaga kerja dan majikan).

Jadi tidak ada paksaan dari salah satu pihak, jika ada paksaan maka perjanjian tersebut adalah batal.

b. Adanya kemampuan/kecakapan pihak-pihak untuk membuat perjanjian.

c. Suatu hal tertentu, artinya bahwa isi dari perjanjian itu tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, ketertiban umum maupun kesusilaan.

Isi dari perjanjian kerja adalah hak-hak dan kewajiban-kewajiban tenaga kerja serta hak-hak dan kewajiban-kewajiban majikan.

Peraturan Perusahaan adalah peraturan yang dibuat oleh satu pihak yaitu Pengusaha secara tertulis yang memuat ketentuan-ketentuan tentang syarat-syarat kerja dan tata tertib perusahaan.

Berdasarkan uraian di atas jika dihubungkan dengan kasus tersebut maka suatu perusahaan mempunyai hak untuk meminta dan menahan ijazah asli dari karyawan tergantung dari :

1. Perjanjian kerja yang telah dibuat antara pekerja dengan pengusaha/perusahaan tersebut.

2. Peraturan Perusahaan yang telah ditentukan menurut kebijakan perusahaan itu sendiri.

Mengenai undang-undang yang secara spesifik mengatur tentang permintaan dan penahanan ijazah supaya karyawan tetap terikat pada perusahaan tersebut belum ada.


***

Kacip fatimah - extract free of E. coli

This page: http://www.asiamaya.com/konsultasi_hukum/perusahaan/menahan_ijazah.htm
Copyright © Dan Kardarron
333 Srinakarin Roads
Nongbonsa
Bangkok, 10250
Thailand